5/29/2016

SEKILAS TOEFL

TOEFL, Test Of English as a Foreign Language, adalah tes untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris non native-speaker. TOEFL pertama kali diselenggarakan oleh ETS (English Testing Service) pada tahun 1963. Semenjak itu, TOEFL telah digunakan di lebih dari 130 negara.

Dalam perkembangannya, TOEFL memiliki 3 format. Yang pertama adalah TOEFL PBT (Paper Based Test), merupakan format awal TOEFL dan masih luas digunakan di Indonesia. TOEFL PBT menguji 4 macam kompetensi, yakni, listening, structure, reading, dan writing. Namun, TWE (Test of Written English) adalah optional dan scorenya dinilai terpisah. Lama pengerjaan lebih kurang 2 jam tanpa TWE, atau 2,5 jam dengan TWE. Rentang score untuk TOEFL PBT adalah 310-677, dan score untuk TWE adalah 1-6. 




JUMLAH PERTANYAAN
WAKTU
LISTENING
50
35 MENIT
STRUCTURE
40
25 MENIT
READING
50
55 MENIT
WRITING

30 MENIT
tabel jumlah soal dan alokasi waktu TOEFL PBT


Selanjutnya adalah Computer Based TOEFL atau TOEFL CBT yang diperkenalkan ETS pada July 1998. Materi yang diujikan sama dengan TOEFL PBT, hanya berbeda platform, jumlah soal dan waktu. TOEFL CBT sudah tidak digunakan lagi semenjak tahun 2006. Karenanya tidak perlu dibahas lebih lanjut.

Yang teranyar adalah TOEFL-IBT (Internet Based TOEFL). TOEFL-IBT mulai diperkenalkan pada tahun 2005, dan mulai digunakan secara luas pada tahun 2006. Sekarang, TOEFL-IBT telah menjadi standar tes bagi siswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri (English-speaking country). Pada TOEFL-IBT, tes diselenggarakan langsung oleh ETS melalui internet dengan dibantu oleh test center. TOEFL-IBT sangat berbeda dengan TOEFL-PBT. TOEFL-IBT dimaksudkan untuk mengetes kemampuan dan pemahaman bahasa Inggris pada tingkat universitas, mengevaluasi seberapa baik kemampuan kita dalam mengintegrasikan kemampuan mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis untuk memenuhi tugas dan aktivitas akademis. Maka dari itu tidak ada tes grammar pada TOEFL IBT. Alokasi waktu tes TOEFL IBT lumayan lama, lebih kurang 4,5 jam dan rentang score adalah 0-120. Biaya tes bervariasi tergantung negara, untuk Indonesia, biaya tes TOEFL-IBT adalah $190.


Section
Waktu
Jumlah Pertanyaan
Tasks
Reading
60–80 menit
36–56
Membaca 3 - 4 artikel akademik dan menjawab pertanyaan.
Listening
60–90 menit
34–51
Mendengarkan kuliah, diskusi, dan percakapan, lalu menjawab pertanyaan.
Break
10 menit
Speaking
20 menit
6 tasks
Mengungkapkan pendapat sesuai topik; berbicara berdasarkan artikel dan percakapan.
Writing
50 menit
2 tasks
Menulis artikel argumentatif berdasarkan bacaan dan listening tasks.
tabel jumlah soal dan alokasi waktu TOEFL IBT

Semenjak adanya TOEFL IBT, TOEFL PBT dihentikan pengembangannya oleh ETS. Sebagai gantinya adalah TOEFL-ITP. TOEFL-ITP pada dasarnya sama saja dengan TOEFL PBT, hanya saja pada TOEFL-ITP tidak ada writing section. Tabel konversi skor yang digunakan pun sama. TOEFL-ITP atau TOEFL institusional bisa diselenggarakan oleh institusi atau test center resmi yang ditunjuk oleh ETS. Skor TOEFL-ITP tidak bisa menggantikan skor TOEFL-IBT dalam artian, bila Anda ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri (english-speaking countries) maka tidak bisa menggunakan sertifikat TOEFL-ITP harus menggunakan sertifikat TOEFL-IBT, kalaupun ada universitas luar negeri  yang menerima TOEFL-ITP biasanya nanti setelah diterima tetap harus melampirkan sertifikat TOEFL-IBT. Jadi, sertifikat TOEFL-ITP hanya bisa digunakan secara lokal, atau untuk melanjukan studi ke non-english speaking countries. Biaya tes TOEFL-ITP sekitar Rp 450.000.

CHECK THIS OUT
1. Beda TOEFL ITP dan TOEFL PBT
2. Cara menghitung Skor TOEFL ITP


1 komentar:

  1. Haloo agan2 sekaliannn Di sini kita menyediakan Sertifikat TOEFL IELTS ITP PBT EF LIA ILP ELTI IES UI TBI Asli Original Dan Bergaransi

    Jumpa lagi dengan ane Abidin Seto. Jasa pembuatan sertifikat TOEFL IELTS Ijazah Terpercaya.
    Yang sudah berpengalam di bidang ini hampir 4 tahun lebih..
    Naah di sini ane mau buktiin nihh kalo Abidin Seto sudah tidak di ragukan lagi untuk pembuatan TOEFL IELTS ataupun IJAZAH...
    Dalam hal ini kami menyiapkan lembaga2 yang sudah terpercaya dalam Institusinya..

    Pertanyaan yang sudah biasa costmer tanyakan pasti apakah Sertifikat yang kita urus ini asli original atau enga???
    Tenang aja embak dan masbroo sekaliann.. Di sini saya menjamin bahwa sertifikat yang kita urus ini 100% Asli Original dan bukan Hasil fotocopyan ataupun Editan yaah masbrooo..
    Biasa yang costmer tanyakan itu mreka meragukan apakah sertifikat ini bener" asli original apa enga..
    Saya sendiri bisa membuktikan bahwa yg masbro dan embak" beli sertifikat ini 100% original hehehehe
    Di liat dari mana tuh masbro asli originalnya??? cukup di lihat dari Legalisir dan Hasil copyan dia sudah Watermark dan Tembus UV..

    Naah bagaimana kita meyakinkan anda sekalian bahwa sertifikat yg masbro sekalian bener2 sampai di tanggan atau enga..
    Karna sekarang kan lagi banyak kasus penipuan setelah melakukan pembayaran oleh costmer malah barangnya ga sampe" tuh..
    Saya bisa kasi liat Testimoni chat Costmer saya atau Bisa lihat bukti Nomor Resi pengiriman saya, ataupun Contoh sertifikat yang sudah saya uruss..

    Untuk Scorsnya pasti masbro sekalian penasaran kan kita bisa buat berapa??
    SCORS BEBAS (alias berapa aja kita bisa buatkan) semua tergantung costmer maunya gimana kita buatkan semaksimal mungkinn hehehe

    Untuk pengiriman Luar jakarta pun bisa kita bantu.. mau itu ke papua pun bisaa asal alamat tujuan itu lengkap dan kode pos daerah anda sesuai..

    Jangka waktu pengerjaan pun kita maksimalkan 1x24 jam siap..
    Untuk yang keperluan mendadak kita bisa bantu Scan kan dulu sertifikatnya agar masbro sekalian bisa daftarkan keperluan masbro sekalian..

    Adapun dalam hal ini kita Garansi kalo emang ada kesalahan pembuatan dari kita..
    Tidak di pungut biaya apapun (Kalo ada kesalahan pembuatan dari kita yah ehhehe)
    InsyaAllah kita buat yang terbaik untuk masbro sekalian

    Jadi untuk lebih detailnya bisa contac saya langsung aja ya masbrooo

    No HP / WA : 082168610824
    Pin BB : D43AA9E0
    Email : Abidin.Seto15@gmail.com

    Kunjungi Web Blogger kita yahh untuk melihat contoh sertifikat yg sudah saya urus
    http://sertifikattoeflieltsindonesia.blogspot.co.id/2016/12/jasa-pembuatan-sertifikat-toefl-dan.html
    http://jasasertifikattoefl.blogspot.co.id/
    http://abidinsetotoeflieltsindonesia.blogspot.co.id/

    Thx and Best Regards By : Abidin Seto TOEFL

    Anda Puas Beritahu Teman..
    Anda Kurang Puas Beritahu Kami!!

    BalasHapus